Bantuan

 
Tata Cara Pengaduan
  1. Pelapor melakukan pendaftaran pada portal sistem pelaporan pelanggaran.
  2. Simpan baik-baik nomor pendaftaran, karena nomor pendaftaran akan digunakan sebagai kata kunci untuk berkomunikasi secara offline dalam portal.
  3. Pelapor mengisi form pengaduan tindakan penyalahgunaan baru.
  4. Pilih kategori tindakan penyalahgunaan.
  5. Mengisi kolom tempat terjadinya tindakan penyalahgunaan atau perilaku tidak etis.
  6. Mengisi kolom uraian pengaduan.
  7. Melakukan upload bukti-bukti tidakan penyalahgunaan/ perilaku tidak etis.
  8. Masukan kode keamanan kemudian klik menu kirim.
  9. Tindaklanjut pelaporan dapat dilihat pada menu status pengaduan.
  10. Pelapor diharapkan berperan aktif memonitoring pengaduannya.
Pengaduan
a)    Merupakan fasilitas untuk mengirimkan laporan pengaduan oleh pelapor sesuai dengan kriteria serta dapat menambahkan uraian pelaporan tindakan penyalahgunaan (kronologi kejadian).

b)    Uraian Pengaduan, Pelapor mengisikan informasi-informasi mandatory yang menjadi syarat pengaduan laporan. Informasi tersebut, antara lain adalah:

1)    Nama Terlapor,  
2)    Waktu Kejadian,
3)    Tempat Kejadian,
4)    Kategori tindakan Pelanggaran,
5)    Unit kerja tempat terjadinya tindakan pelanggaran.

c)    Uraian pihak yang terduga terlibat, terdiri dari pilihan :
1)    Direksi Rekind atau Anak Perusahaan
2)    Komisaris Rekind atau Anak Perusahaan
3)    Unit/ Divisi/ Departemen di internal Rekind

d)    Lampiran, merupakan fasilitas untuk memberikan bukti awal sementara sebagai informasi pendukung atas laporan pengaduan dan bukti pendukung tambahan.

e)    Di akhir proses laporan pengaduan, sistem akan memberikan username dan password kepada user pelapor, untuk digunakan apabila akan melakukan pengaduan lainnya, serta sistem akan memberikan nomer referensi (id_laporan) untuk digunakan oleh user pelapor dalam memonitoring tindak lanjut laporan pengaduan yang dimasukkan.
Masuk
  1. User ID adalah fasilitas yang telah diberikan oleh sistem pada saat user pelapor mengajukan pertama kali.
  2. Kata Sandi merupakan kata rahasia yang diberikan oleh sistem pada saat pelapor mengajukan pertama kali.
  3. Fasilitas login ini terbagi untuk beberapa kategori user antara lain: user Pelapor, user Komite Etika, user Direksi, user Dewan Komisaris, user Unit HCE dan user Internal Audit. Dan merupakan fasilitas bagi user untuk masuk kedalam sistem.
  4. User pelapor menggunakan username dan password yang diberikan oleh sistem saat megajukan laporan untuk pertama kali untuk melakukan login.
  5. Setelah berhasil login, user pelapor juga bisa melakukan komunikasi dengan tim pengelola pengaduan melalui fasilitas percakapan offline merujuk pada laporan terkait (e-chat).
  6. Dan untuk user yang lainnya, seperti Komite Etika, Direksi, Dewan Komisaris, Internal Audit dan Unit HCE dapat melakukan login dengan username dan password mereka yang telah diberikan sesuai dengan role mereka di dalam sistem.
Status Pengaduan
Menampilkan detail pengaduan, yaitu:
  • Tanggal pengaduan
  • Nomor pengaduan
  • Data terlapor
  • Uraian singkat pengaduan
  • File lampiran pengaduan
  • Percakapan terakhir yang terecord oleh sistem secara offline antara pelapor dengan pengelola Sistem Pelaporan Pelanggaran.
  • Jumlah laporanp[engaduan yang tersaji dalam bentuk grafik dan numerik
  • Riwayat laporan pengaduan dari pertama lapor hingga status laporan dinyatakan ditutup.
FAQ
Adalah menu yang berisikan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul terkait penggunaan sistem pelaporan pelanggaran