Selamat Datang di
Sistem Pelaporan Pelanggaran

PT Rekayasa Industri berkomitmen untuk melaksanakan penerapan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik/ Good Corporate Governance (GCG) secara konsisten dan berkesinambungan dalam pengelolaan Perusahaan.

Baca Selengkapnya

Lingkup Pengaduan/Penyingkapan yang akan ditindaklanjuti oleh Sistem Pelaporan Pelanggaran meliputi sebagai berikut:

  1. Pelanggaran Hukum, termasuk namun tidak terbatas pada:
    • Kecurangan, Gratifikasi, Korupsi, Kolusi, Nepotisme, Benturan Kepentingan;
    • Penyimpangan dari peraturan perundangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada peraturan perpajakan, ketenagakerjaan, lingkungan hidup;
    • Perbuatan yang membahayakan keselamatan dan kesehatan kerja, atau membahayakan keamanan Perseroan yang dapat menimbulkan kerugian keuangan atau non-keuangan terhadap dan kepentingan Perusahaan;
    • Pelanggaran Standar Operasi Perusahaan (SOP).
  2. Pelanggaran Etika, termasuk namun tidak terbatas pada:
    • Pelanggaran Code of Business Conduct atau Code of Corporate Conduct atau pelanggaran norma-norma kesopanan pada umumnya;
    • Perbuatan tidak etis;
    • Penyalahgunaan jabatan untuk kepentingan lain di luar Perusahaan.

Kriteria-kriteria pelanggaran apa saja yang nantinya akan ditindaklanjuti oleh Sistem Pelaporan Pelanggaran di Rekind:

  • Penyimpangan kode etika/ perilaku dan Peraturan kepegawaian
  • Benturan Keperntingan
  • Kecurangan
  • Korupsi
  • Kolusi
  • Nepotisme
  • Pencurian
  • Pemerasan
  • Penggelapan
  • Suap
  • Pelanggaran Standar Operasi Perusahaan (SOP)
  • Gratifikasi yang dilarang

Media komunikasi merupakan saluran komunikasi antara Pelapor dengan pengelola sistem pelaporan pelanggaran yang berisikan perkembangan status pengaduan/ penyingkapan dari pengaduan masuk hingga pengaduan tersebut dinyatakan ditutup.

Jaminan Kerahasaiaan dan Perlindungan Pelapor.


Perusahaan wajib memberikan perlindungan bagi Pelapor dan menjamin atas kerahasiaan identitasnya. Jaminan perlindungan dan kerahasiaan Pelapor dimaksudkan pula untuk mendorong setiap Insan Perusahaan dan Pelapor lainnya untuk berani melaporkan pelanggaran dan menjamin keamanan dan kerahasiaan Pelapor maupun keluarganya. Dalam hal ini Perusahaan menjamin bahwa:

  1. Identitas Pelapor dijamin kerahasiaannya oleh Perusahaan.
  2. Perusahaan menjamin perlindungan terhadap Pelapor dari segala bentuk ancaman, intimidasi, ataupun tindakan tidak menyenangkan dari pihak manapun selama Pelapor menjaga kerahasiaan pelanggaran yang diadukan kepada pihak mana pun.
  3. Perlindungan terhadap Pelapor juga berlaku bagi para pihak yang melaksanakan Investigasi maupun pihak-pihak yang memberikan informasi terkait dengan Pengaduan/Penyingkapan tersebut.

Perusahaan berkomitmen untuk melindungi Pelapor yang beritikad baik dan Perusahaan akan patuh terhadap segala peraturan perundangan yang terkait serta best practices yang berlaku dalam penyelenggaraan sistem perlindungan Pelapor.

Prinsip Dasar


Prinsip dasar dari penyampaian pengaduan/penyingkapan
oleh Pelapor adalah sebagai berikut:


  • Pelaporan atas suatu pelanggaran harus dilakukan dengan itikad baik bukan karena kepentingan pribadi atau balas dendam.

  • Mengedepankan manfaat untuk kepentingan bersama seluruh lnsan Perusahaan dan para pemangku kepentingan.
Terhitung Bulan November 2014
Jumlah Aduan
 
0
 
14
 
14
Hari ini 0 Laporan
Sebelumnya 14 Laporan
Total 14 Laporan
Verified 12
On Progress 14
Close 0
Terbukti 0
Tidak Terbukti 0
Tidak Verified 0

Informasi tentang Sistem Pelaporan Pelanggaran/ Whistle Blowing System (WBS) di Rekind,


Yaitu sistem yang mengelola pengaduan / penyingkapan mengenai perilaku melawan hukum, perbuatan tidak semestinya secara rahasia, anonim dan mengoptimalkan peran serta insan Perusahaan dan mitra kerja dalam mengungkap pelanggaran yang terjadi di lingkungan perusahaan.

Sebagai upaya meningkatkan ketaatan insan Perusahaan pada peraturan dan mengembangkan budaya beretika tinggi dalam aktivitas yang berhubungan dengan internal maupun eksternal sehingga menumbuhkan sikap keengganan untuk melakukan pelanggaran dengan semakin meningkatnya kesediaan untuk melaporkan terjadinya pelanggaran/ penyalahgunaan, karena kepercayaan terhadap sistem pelaporan yang efektif.

Fungsi Sistem Pelaporan Pelanggaran/ Whistle Blowing System (WBS) adalah:

  1. Sebagai wadah pengelolaan penanganan pengaduan/ penyingkapan tindakan yang diduga terindikasi melakukan pelanggaran/ penyalahgunaan di lingkungan perusahaan.
  2. Merupakan sistem deteksi dini (early warning system) terhadap potensi pelanggaran yang kemungkinan menjadi masalah akibat suatu pelanggaran yang berpengaruh terhadap biaya dan reputasi perusahaan.
  3. Merupakan saluran formal terutama bagi karyawan Rekind dan pihak ketiga yaitu masyarakat, vendor, customer dan stakeholder lainnya di lingkungan Rekind untuk menyampaikan masalah/ pengaduan/ keluhan/ penyingkapan perilaku melawan hukum.

Informasi tentang Mekanisme Pengaduan


  1. Klik menu "Pengaduan" untuk melaporkan pengaduan. Pastikan anda membaca kriteria pengaduan sebelum anda mengirimkan pengaduan. Pengaduan ini bersifat anonim sehingga anda tidak perlu mengisi data diri Anda.
  2. Lanjutkan dengan pengisian FORM yang terdiri dari pengisian nama yang diduga terlibat (bisa lebih dari 1 orang), kategori pelanggaran (berupa pilihan), Unit Kerja/Divisi tempat terjadinya penyalahgunaan (berupa pilihan), memberikan uraian tindakan pelanggaran (Menjelaskan siapa, melakukan apa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana), dan melengkapi dengan bukti awal dalam bentuk data, foto, rekaman, atau dokumen lain yang dapat dilampirkan.
  3. Ikuti prosedur selanjutnya sebagaimana tertera pada menu bantuan tentang tatacara pengaduan.