FAQ

 
Apakah Sistem Pelaporan Pelanggaran Rekind?

Sistem yang mengelola pengaduan / penyingkapan mengenai perilaku melawan hukum, perbuatan tidak semestinya secara rahasia, anonim dan mandiri (independen) yang digunakan untuk mengoptimalkan peran serta Insan Perusahaan dan mitra kerja dalam mengungkap pelanggaran yang terjadi di lingkungan Perusahaan, serta merupakan tindaklanjut atas pelaporan pelanggaran yang terjadi di lingkungan perusahaan.

Apa saja yang dapat dilaporkan?

Seluruh tindakan yang dapat merugikan Perusahaan dan melawan hukum yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.

Bagaimana proses melakukan pelaporan?

  1. Pelapor melakukan pengaduan/ penyingkapan dengan menyertakan dan menambahkan bukti-bukti tindakan yang terduga melawan hukum, perbuatan tidak semestinya melalui Aplikasi Sistem Pelaporan Pelanggaran.
  2. Pengelola Sistem Pelaporan Pelanggaran (Komite Etika) akan merespon pelaporan/ penyingkapan dengan melakukan vefirikasi dan validasi atas laporan pengaduan / penyingkapan.
  3. Jika pengaduan/ penyingkapan sesuai dengan kriteria dan memiliki cukup bukti maka akan ditindaklanjuti, jika pengaduan tidak sesuai dengan kriteria dan bukti maka pengaduan/ penyingkapan dihentikan.
  4. Pengelola Sistem Pelaporan Pelanggaran (Komite Etika) akan melakukan investigasi awal terhadap pengaduan / penyingkapan dan menyampaikan hasil investigasi awal kepada Direksi (jika terlapor karyawan dan Dewan Komisaris) dan Dewan Komisaris (jika terlapor Direksi) untuk mendapatkan persetujuan dan rekomendasi apakah pengaduan dilanjutkan atau dihentikan.
  5. Pengelola Sistem Pelaporan Pelanggaran (Komite Etika) melakukan investigasi lanjutan sesuai arahan dan rekomendasi Direksi/ Dewan Komisaris.
  6. Jika terbukti pelanggaran dilakukan oleh karyawan maka laporan hasil investigasi lanjutan akan disampaikan ke unit Human Capital Empowerment (HCE), jika pelanggran dilakukan oleh Direksi laporan hasil investigasi disampaikan kepada Dewan Komisaris, dan jika pelanggaran dilakukan oleh Dewan Komisaris maka laporan hasil investigasi disampaikan kepada Pemegang Saham Mayoritas untuk ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  7. Pengelola Sistem Pelaporan Pelanggaran (Komite Etika) memuat status setiap pelaporan dalam aplikasi.
  8. Untuk mengetahui status pelaporan pelapor agar membuka portal secara berkala.

Apakah nomor pendaftaran itu dan harus bagaimana dengan nomor pendaftaran itu?

Nomor pendaftaran adalah nomor yang diberikan oleh aplikasi secara otomatis yang merupakan identitas pelapor untuk digunakan dalam komunikasi secara offline dalam aplikasi Sistem Pepaloran Pelanggaran. Simpan baik-baik nomor registrasi ini, jangan sampai jatuh kepada yang tidak bertanggungjawab. Nomor registrasi digunakan untuk melihat status pelaporan dan menambah bukti-bukti lain yang menguatkan pelaporan atas tindakan melawan hukum pada aplikasi.

Mengapa harus melapor?

Membantu PT Rekayasa Industri menjadi tempat yang aman, jujur dan adil dalam bekerja bagi Insan Perusahaan. Perlakuan tidak etis memiliki risiko dan efek negatif terhadap tempat kerja dan reputasi perusahaan. Dengan melaporkan perlakuan tidak etis dan perilaku melawan hukum, anda bisa membantu kami melakukan penghematan dan memastikan karyawan dapat bekerja di tempat yang aman.

Apakah bentuk respon yang diberikan kepada pelapor?

Respon awal yang diberikan oleh Sistem Pelaporan Pelanggaran adalah ucapan terima kasih kepada pelapor, pelaporan dan status tindak lanjutnya dapat dilihat dalam histori pelaporan.

Apakah setiap pelaporan mendapatkan respon?

Seluruh pelaporan yang masuk dalam sistem akan mendapatkan respon namun terlebih dahulu akan dilakukan validasi oleh pengelola Sistem Pelaporan Pelanggaran PT Rekayasa Industri.

Berapa lama respon yang diberikan atas pelaporan?

Pelaporan akan direspon oleh pengelola Sistem Pelaporan dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kerja.

Laporan apa saja yang akan ditindaklanjuti?

Laporan yang akan ditindaklanjuti adalah laporan telah sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dan memiliki bukti-bukti yang cukup. Adapun lingkup pengaduan/ penyingkapan tindakan yang dapat merugikan Perusahaan, meliputi sebagai berikut:

  • Pelanggaran Hukum, termasuk namun tidak terbatas pada:
  1. Kecurangan, Gratifikasi, Korupsi, Kolusi, Nepotisme, Benturan Kepentingan;
  2. Penyimpangan dari peraturan perundangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada peraturan perpajakan, ketenagakerjaan, lingkungan hidup;
  3. Perbuatan yang membahayakan keselamatan dan kesehatan kerja, atau membahayakan keamanan Perseroan yang dapat menimbulkan kerugian keuangan atau non-keuangan terhadap dan kepentingan Perusahaan;
  4. Pelanggaran Standar Operasi Perusahaan (SOP).
  • Pelanggaran Etika, termasuk namun tidak terbatas pada:
  1. Pelanggaran Code of Business Conduct a tau Code of Corporate Conduct atau pelanggaran norma-norma kesopanan pada umumnya;
  2. Perbuatan tidak etis;
  3. Penyalahgunaan jabatan untuk kepentingan lain di luar Perusahaan.

Apa yang perlu diberitahukan kepada pelayanan Sistem Pelaporan Pelanggaran?

Jika anda ingin melaporkan tentang tindakan atau kejadian yang tidak benar, anda bisa memberikan informasi selengkap mungkin, seperti:

  • Nama orang yang bersangkutan
  • Nama saksi (Jika ada)
  • Tanggal, waktu dan lokasi kejadian
  • Perincian bukti
  • Jumlah uang atau aset terlibat
  • Seberapa sering masalah ini terjadi
  • Kategori tindakan/kelakuan/kejadian

Bagaimana tindaklanjut status pelaporan? (bila pelaporan benar dan bila pelaporan tidak benar)

Tindak lanjut status pelaporan dapat dilihat dalam aplikasi Sistem Pelaporan Pelanggaran, baik laporan itu benar terjadi maupun laporan tersebut tidak benar. Apabila laporan itu benar, pengelola akan melakukan investigasi dan melaporkan hasil investigasi kepada Direksi jika terlapor Komite Etika dan Dwean Komisaris, namun jika terlapor Direksi maka hasil investigasi oleh pengelola Sistem pelaporan pelanggaran akan disampaikan kepada Dewan Komisaris untuk dapat ditindaklanjuti.

Bagaimana jika pelaporan menyangkut pidana?

Laporan akan ditindaklanjuti dengan upaya investigasi untuk mendapatkan kebenaran atas laporan tersebut dan selanjutnya laporan akan dilengkapi dengan bukti-bukti yang diperlukan untuk proses lebih lanjut.
Selambat-lambatnya dalam waktu 30 (tiga puluh) hari, laporan yang telah dilengkapi dengan bukti yang cukup dan dapat ditindaklanjuti, oleh Direksi akan diteruskan kepada penegak hukum untuk diproses lebih lanjut dan mendapatkan hukuman setimpal.

Bagaimana jika pelapor lupa pasword/ id yang telah diberikan oleh sistem?

Pelapor lupa password, silahkan masuk ke halaman bantuan dalam aplikasi Sistem Pelaporan Pelanggaran, dan kemudian mengklik pertanyaan yang sudah tersedia “anda lupa password?”

Apakah setiap melakukan pengaduan harus membuat dan register username baru?

Hal tersebut tidak perlu dilakukan. Satu username dapat melakukan pengaduan lebih dari satu. Ketika telah membuat satu pengaduan, anda dapat membuat laporan pengaduan lain terkait dengan dugaan pelanggaran dengan memilih “tambah pengaduan”. Masing-masing pengaduan akan mendapatkan nomor register yang berbeda.

Saya sudah mengirimkan pengaduan namun di kemudian hari saya ingin merubah/ menambahkan data terkait pengaduan yang saya lakukan, apa yang harus saya lakukan? Apakah harus membuat pengaduan baru?

Data yang sudah dilaporkan sebelumnya tidak dapat dilakukan perubahan namun anda bisa menambahkan data lain terkait pengaduan dengan mengunggah data dalam bentuk seperti dokumen, foto, video, dan lain sebagainya.  Untuk melakukan hal tersebut diatas tidak perlu membuat pengaduan baru. Mengunggah data tambahan baru dapat dilakukan dengan login username yang telah diregistrasikan sebelumnya di aplikasi ini lalu masuk ke halaman pengaduan. Dalam halaman pengaduan, anda memilih pengaduan yang ingin ditambahkan data tambahan kemudian memilih (klik kotak kecil “tambah lampiran pengaduan” ) di bagian bawah rincian pengaduan.